A.
Model
Pembelajaran STAD
Model STAD yang
dikembangkan oleh Robert Slavin dan kolega-koleganya di Universitas John
Hopkin, merupakan salah satu model yang banyak digunakan dalam pembelajaran
kooperatif. Slavin (1995) menjelaskan bahwa pembelajaran kooperatif dengan
model STAD, siswa ditempatkan dalam kelompok belajar beranggotakan empat atau
lima orang siswa yang mempunyai kemampuan akademik yang berbeda-beda, sehingga
dalam setiap kelompok terdapat siswa yang berprestasi tinggi, sedang, dan
rendah. Guru menyajikan pelajaran, dan kemudian siswa bekerja dalam tim mereka
memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut.
Kemudian, seluruh siswa diberikan tes tentang materi tersebut, pada saat tes
ini mereka tidak diperbolehkan saling membantu.
Dalam
pembelajaran kooperatif yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai
menggunakan pendekatan kooperatif dalam kelas, STAD juga merupakan suatu metode
pembelajaran kooperatif yang efektif.